Jilbab

Sebenarnya apa itu jilbab?

Secara etimologis, kata jilbab berasal dari bahasa Arab yang jamaknya adalah jalaabiib, atau diartikan sebagai “pakaian yang lapang atau luas”. Secara istilah kemudian dapat diartikan sebagai pakaian yang lapang dan dapat menutup aurat wanita, kecuali muka dan kedua telapak tangan hingga pergelaran saja yang ditampakan. Hal ini sejalan dengan pengertian jilbab menurut wikipedia, bahwa jilbab adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab (sebagai sebuah tata cara berpakaian muslimah yang menutupi aurat). Baca juga jilbab munira.
Dengan demikian, jilbab ialah pakaian yang longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Hal ini seperti yang teruang dalam perintah Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab atay 59: “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.
Hal ini sejalan dengan tafsir dari al-Qurthuby tentang ayat di atas, bahwa: “Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh.” Kecuali wajah dan telapak tangan.
Mengulurkan jilbab lebih sempurna dari sekedar memaknai kerudung, karena jilbab dapat menutup seluruh tubuh berikut perhiasan dan lekuk tubuh. Sebab, apabila dia menurunkan sebagian jilbabnya di kepala, tentu sisanya akan menutup seluruh tubuh.

Bagaimana Hukum Memakai Jilbab?

Ingat, Islam sangat menjaga kehormatan, harga diri dan martabat dari para pemeluknya, khususnya wanita. Salah satu caranya untuk menjaga kehormatan tersebut adalah dengan mewajibkan setiap muslimah untuk menutup aurat dan memakai jilbab. Pakaian menutup aurat dan tertutup tersebut adalah jilbab yang belakangnya memang sedang menjadi trend di kalangan wanita muslimah muda. Al-Quran dan sunnah sejatinya telah menjelaskan berbagai topik jilbab dalam berbagai bentuk, gambaran, dan ibarat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jilbab dipandang sebagai suatu kewajiban dalam agama Islam. Kewajiban adalah sebuah hukum yang harus  diatasi dan menimbulkan dosa bila ditinggalkan. Jadi, jilbab adalah sebuah tatacara berpakaian yang tidak bisa ditawar-tawar lagi bagi setiap muslimah.
Dalam hukum islam, memang tidak semua masalah-masalah praktis dalam Islam dibahas dalam Al-Quran, karena kitab suci tersebut adalah sebuah aturan pokok yang hanya memberikan pembahasan secara global dan masalah-masalah detailnya diserahkan kepada mufassir Al-Quran, yakni Rasulullah SAW, sahabat dan pra awliya di mana mereka mengambil sumber dari wahyu Tuhan. Selain itu, kebanyakan hukum-hukum tidak dibahas secara detail dalam Al-Quran, akan tetapi dibahas dengan terang dan jelas di dalam Sunnah dan fiqih Islam (termasuk ijma dan Qiyas). Namun untuk masalah jilbab, secara qoth’i dalil tentang perintah tersebut telah dijelaskan secara detail di dalam Al-Quran dalam beberapa ayat (seperti ayat yang sudah di sebut di atas tadi).
Apabila anda ingin berpenampilan menarik dan muslimah. Segera pesan jilbab di sini.  Anda juga dapat melakukan pemesanan, baik Grosir maupun Eceran, dengan menghubungi kami via:

Telp/SMS: 0812-3831-280

Whatsapp: +628123831280

PinBB: 5F03DE1D

Banyak ukuran dari mulai anak-anak sampai dewasa pun disini ada.
Tuggu apalagi segera pesan jilbab muniranya. Keburu stoknya habis.
Berikut ini adalah motif terbaru Jilbab Munira sebagai pengganti motif sebelumnya (di katalog)

Bunda kunjungi saja wesitenya sekarang juga atau bunda bisa melihat-lihat dulu ragam produknya lewat link katalog berikut https://www.filaika.com/katalog
Selamat berbelanja bunda

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *